Deklarasi Desa Pucangsongo Bebas Covid-19, Pemdes Gelar Vaksinasi Jenis Sinovac

  • Jul 11, 2022
  • PUCANGSONGO.PAKIS

MALANGRAYANEWS | MALANG - Deklarasi Desa Pucangsongo Tuntas Covid-19, hari ini telah dilaksanakan vaksinasi jenis sinovac di Kantor Desa Pucangsongo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. 

Kepala Desa Pucangsongo, Sulkan  mengatakan jika vaksinasi jenis sinovac ini diperuntukkan bagi warga yang berumur 12 tahun hingga lansia. 

"Vaksin ini untuk warga usia 12 sampai lansia, jika ada warga yang punya riwayat sesak nafas nanti ada scerening dari nakes terlebih dahulu," ucap Kepala Desa, Sabtu (02/10/2021).

"Warga atau peserta vaksin yang datang lebih dulu menunggu dengan tempat duduk yang berjarak. Ini sudah kami siapkan sebelumnya, untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan," lanjutnya. 

Tata cara pelaksanaan berlangsung seperti pada umumnya, setiap peserta yang datang langsung melakukan registrasi, selanjutnya antre screening atau pemeriksaan kesehatan, setelah dinyatakan lolos dan layak mengikuti vaksinasi peserta tinggal menunggu pangilan untuk dilakukan suntik vaksin dan kemudian dilakukan observasi selama beberapa menit. 

Kehadiran vaksinasi ini merupakan hal yang ditunggu guna mengakhiri pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, Presiden Indonesia, Joko Widodo menetapkan peraturan Presiden Republik indonesia Nomor 44 tahun 2020 mengenai pengadaan Vaksin dan pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Malang, Muspika, dan Kepala Puskesmas Pakis. 

Sulkan bersyukur karena kegiatan vaksinasi berlangsung aman dan lancar.

"Jumlah penduduk Desa Pucangsongo ada 2663 jiwa, dan yang wajib vaksin ada 2046. Terima kasih kepada semua Muspika dan saudara Tim dari para nakes, dan seluruh tim yang sudah membantu kesuksesan kegiatan vaksinasi ini. Mudah-mudahan semua lelah kita menjadikan Amal ibadah yang di terima Allah SWT," tutup Kepala Desa.

Kegiatan vaksinasi ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Para peserta juga mematuhi prokes serta mengikuti alur jalannya vaksinasi dengan tertib. 

Editor : Sunarto